Menu Sehat Buka Puasa untuk Si Kecil

Tidak terasa dengan hitungan hari ramadan segera tiba, InshaAllah ramadan tahun ini merupakan puasa kedua yang dijalankan Gendish. Meskipun belum diwajibkan berpuasa tetapi Gendish sangat antusias menyambut bulan ramadan kali ini. Banyak sekali pertanyaan yang terlontar ketika saya memberitahukannya bahwa sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa

"Bu, aku mau puasa kaya dulu lagi!! Puasa itu kan gak boleh makan sama minum ya kan Bu?" atau "Bu, kapan kita mulai puasa?"

Pada saat awal Gendish berpuasa, banyak sekali keluarga yang melarang karena ditakutkan perkembangan nya terganggu akibat kekurangan gizi. Jujur saya tidak memaksakan untuk Gendish berpuasa. Tetapi melihat semangatnya yang begitu besar untuk mengikuti puasa, sayapun mengizinkannya dengan catatan tertentu, misalkan ketika dia sudah tidak kuat menahan haus dan lapar, maka dia harus segera berbuka puasa

Agar puasa berjalan lancar, nutrisi si Kecil tetap harus terpenuhi. Satu hal yang perlu diperhatikan oleh orangtua, khususnya seorang  ibu adalah bagaimana membuat masakan penuh gizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan selera si Kecil saat berbuka puasa. Berikut ini saya mau share menu makanan yang mungkin bisa menginspirasi ibu-ibu di rumah

Well, berhubung Gendish suka sekali makanan yang berkuah jadi saya mau membuat menu kesukaannya yaitu, Sayur Bening Bayam Lengkap. Kenapa saya bilang lengkap karena di dalam resep sayur bening bayam ini bukan hanya terdapat sayuran saja, tetapi juga terdapat protein nabati seperti tahu, serta protein hewani nya yaitu telur puyuh. Bumbunya juga simpel sekali cukup menggunakan duo bawang (bawang merah, bawang putih) yang dihaluskan dan kaldu bubuk

Cara membuatnya juga sangat mudah sekali, pertama-tama didihkan air kemudian masukkan wortel dan bumbu halus, ketika wortel sudah mulai empuk masukkan tahu dan telur puyuh tunggu sebentar lalu yang terakhir masukkan daun bayam dan kaldu bubuk, koreksi rasa. Sayur Bening Bayam Lengkap siap disantap deh, kegiatan memasak menu berbuka puasa juga bisa dilakukan bersama anak loh agar anak teralihkan dengan rasa laparnya selain itu membuat menu berbuka puasa sendiri juga sangat baik, karena masakan yang kita buat pastinya lebih bersih dan sehat

Selain mengkonsumsi makanan bergizi, sebelum memasuki bulan ramadan si Kecil juga perlu loh mengkonsumsi obat cacing. Kenapa? Karena walaupun si Kecil sudah mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat buka puasa dan sahur, perubahan frekuensi makan berpotensi mengurangi stamina dan daya tahan tubuh si Kecil. Apalagi, jika dia mengalami penyakit cacingan

Penyakit cacingan pada anak banyak yang tidak menunjukkan gejala meskipun sebagian anak ada yang mengalami penurunan berat badan, lemas, mual, muntah, sakit perut, hingga diare


Konvermex Obat Cacing Keluarga

Penyakit cacingan bukan hanya dialami oleh anak-anak saja, orang dewasa pun bisa mengalaminya. Penyakit bisa terjadi apabila kita mengonsumsi makanan atau minuman yang pengolahannya kurang bersih atau tidak dimasak hingga matang, bisa juga saat kuta berjalan di atas tanah tanpa mengenakan alas kaki. Penyakit cacingan ini lebih mudah terjadi pada orang yang jarang mencuci tangan ((hayo siapa nih yang masih suka malas cuci tangan?))

Penyakit cacingan dapat diobati dengan obat cacing yang dijual bebas, seperti Konvermex obat cacing keluarga dalam bentuk suspensi dan tablet/kaplet yang dapat dibeli secara offline (Kimia Farma, Century, K24, Viva Apotek, Apotek dan Toko Obat Terdekat) atau secara online (Official store nya Konimex e-store yang ada Shopee dan Tokopedia). Pemberian obat cacing pada orang dewasa dan anak-anak dapat dilakukan setiap enam bulan sekali secara rutin untuk mengobati dan mencegah cacingan. Dengan dosis suspensi 125mg untuk dosis anak-anak di bawah 12 tahun, suspensi 250mg untuk dosis dewasa. Tablet 125mg untuk dosis anak, sedangkan kaplet 250mg untuk dosis dewasa

Yuk, mari kita bersama-sama dengan keluarga mengkonsumsi obat cacing untuk saling menjaga agar semua keluarga terhindar dari  cacingan

Oh iya saya juga mau infoin, buat kalian para parents untuk mengikuti digital activity  dengan menge-share kreasi makanan sehat berbuka puasa untuk anak di instagram dengan menge-tag @panduanbunda dan berikan hastag #KreasiMenuBukaPuasaBunda #MakanSehatBebasCacingan #PanduanBunda. Untuk info lebih lanjutnya kalian bisa kepoin akun instagramnya ya :)

12 komentar

  1. He..waktu kecil aku sudah minum obat cacing tapi sekarang blom lagi mengkonsumsi..

    Cus.. Ah nanti beli dulu obat cacing nya

    BalasHapus
  2. Wah jadi inget harus beli obat cacing buat rutin di minumin ke anak hehehe. Soalnya penting kan ya biar nutrisinya buat anak, bukan buat cacing di dalam badan~

    BalasHapus
  3. hmm enak banget tuh menu bukanya mbaa.. aku yang dewasa aja kepengen. itu kalau buat anakku, dia bakal ngelepeh sayurnya haha karena belum suka sayur tuhh diaa

    BalasHapus
  4. Ahhhh, gemes banget sama menu buka puasanya.
    Eh, btw, bicara tentang obat cacing, jadi keinget ibu yang dulu suka suapin obat cacing tiap beberapa bulan sekali gitu. Katanya biar perut ngga kriuk kriuk. Hehhe.

    BalasHapus
  5. Menu buka puasa yang sehat ini mbak Diah, jadi ada kandungan seratnya, selain itu perlu juga untuk stok obat cacing sebagai antisipasi ya

    BalasHapus
  6. menu berbuka puasanya tuh gemesin banget sih mbak, menarik banget dilihatnya, bikin pengen nyicip. hihi.

    BalasHapus
  7. Menu andalan anak-anak banget ini ya mbak, aku pun berusaha sekali setiap buka puasa selalu memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya.

    BalasHapus
  8. Minum obat cacing ini yang sering terlewat ya, padahal dengan meminumnya bisa melindungi kekuarga dari gangguan penyakit akibat cacingan. Konvermex nih nggak boleh lupa

    BalasHapus
  9. Pas baca ini aku jadi ingat February kemarin lupa kasih obat cacing buat anak-anak karna LG fokus hamil...jgn sampe deh anakku enak penyakit cacingan

    BalasHapus
  10. Gagal fokus sma nih sma menunyaa enak bangt saat anak2 kecil aku jga sering kasi obat cacing untuk mencegah anak2 cacingan soalnya anak cwokku kalo main suka dilapangan atau kotor2

    BalasHapus
  11. Selain makanan dan minuman bergizi, konsumsi obat cacing memang sangat di butuhkan ya kak.. biar asupan baiknya terserap oleh tubuh..

    BalasHapus
  12. Kami sekeluarga juga konsumsi konvermex ini tiap 6 bulan sekali. Biasanya anak-anak saya belikan yang rasa jeruk mba

    BalasHapus